FOTO JURNALISTIK

by 3senyuman
Contoh foto jurnalistik, Antara, 13-09-2009

Contoh foto jurnalistik, Antara, 13-09-2009

Foto jurnalistik, pada awalnya, adalah suatu dimensi hasil olah fikir manusia di bidang pemanfaatan sinar matahari (photos). Seiring perkembangan iptek, cahaya yang diperlukan tidak mesti dari matahari, namun dapat pula dari lampu-lampu. Prinsip dasar foto jurnalistik secara umum sama dengan prinsip fotografi. Secara sederhana, yaitu pengabadian ”sesuatu” dengan pemanfaatan sinar. Namun, keahlian fotografi, termasuk foto jurnalistik tetap menuntut keahlian sendiri.

      Seharusnya perbincangan ini diawali dari pengertian mendalam tentang dasar-dasar fotografi. Setelah itu barulah bagian ini dapat dipahami sepenuhnya. Dalam percakapan sehari-hari istilah foto jurnalistik sering dikatakan foto berita. Silih bergantinya pemakaian istilah ini menandakan kedua istilah tersebut: foto jurnalistik atau pun foto berita dianggap sama.

       Namun, dalam kaca mata para ahli fotografi, ada sedikit perbedaan. Tentu bukan tempatnya di sini untuk membahas perbedaan tersebut. Baiklah sebagai sebuah karya jurnalistik, foto jurnalistik atau foto berita merupakan unsur pendukung dalam media massa. Kehadiran foto di media massa bisa jadi sebagai penghias halaman surat kabar, bisa juga sebagai bahan informasi penegasan kebenaran.

      Malah foto jurnalistik terkadang merupakan senjata ampuh untuk menyakinkan pembaca, pemirsa. Misalnya saja foto Presiden Amerika Bush yang dilempar sepatu oleh wartawan ketika siaran pers di Irak pada medio Desember 2008.

      Menurut Tanafi (dalam Foto Media, 2001:27/IX) Foto jurnalistik adalah foto yang mampu menyentuh perasaan orang yang melihat meskipun tanpa dilengkapi teks. Foto jurnalistik mudah membangkitkan daya fikir, analisis, dan solidaritas  masyarakat.

      Tidak semua foto yang dapat dimuat dalam surat kabar atau majalah. Foto yang dapat dimuat pada media massa haruslah memenuhi  kaidah-kaidah tertentu.

Foto yang terpilih untuk dimuat harus memiliki sifat:

  1. Memiliki news content.
  2. Disajikan dengan jelas, sehingga mendukung ceritanya.
  3. Teknik dan artistik disampaikan dengan baik

      Dalam bukunya Patmono SK (1996: 110-112) menyebutkan sifat-sifat foto jurnalistik yaitu:

  1. Mudah dibuat: Foto sangat mudah dibuat, siapapun dapat melakukannya. Apalagi dengan perkembangan teknologi, khususnya fotografi yang sangat cepat (digital).
  2. Akurat: Foto mempunyai kelebihan di dalam merekam peristiwa atau kejadian. Ia selalu akurat dan tidak pernah bohong. Ia merekam apa saja yang kelihatan dan menyajikan sebagaimana  adanya.
  3. Universal: artinya ia dapat berlaku dimana saja tanpa orang harus belajar membaca dan menguraikan artinya.
  4. Kompak: Dilihat dari komposisi yang terjadi dalam gambar, foto dapat menjelaskan substansi berita itu secara kompak, teratur. Ia menyajikan gambar secara runtut sesuai dengan kejadian yang direkam.
  5. Selalu aktual: Foto tidak mengenal tanda waktu, sifat foto itu terletak pada rekaman yang ekspresif yang selalu mengugah emosi orang yang melihatnya.

      Para ahli berpendapat seperti halnya berita, foto jurnalistik juga mengutamakan kehangatan (hot). Karena sesungguhnya foto berita, juga berita. Dengan demikian foto berita tetap mengacu pada prinsip jurnalistik juga.

      Dalam perkembangannya kemudian, foto jurnalistik mengenal istilah yang masih relevan dengan pengertian junalistik yaitu foto yang bercerita (foto essay). Penjelasan sederhananya ketika beberapa foto dijejerkan di suatu media massa, yang membentuk suatu kisah tertentu, seperti jalannya proses evakuasi suatu kecelakaan jatuhnya pesat terbang.

Oleh Pungkut Adnan Lubis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: