About 3 Smiles

LI CHING

Senyum pertama Qiu Xiang, Three Smiles, 1969.

Blog ini bertujuan menyebarluaskan materi-materi tentang ilmu komunikasi agar melengkapi blog-blog sejenis yang telah menyediakannya. Selain itu, sebagai selingan untuk meredakan ketegangan, blog ini juga menyajikan kisah-kisah pengalaman hidup seseorang yang dianggap bermanfaat.

Meminjam nama sebuah opera rakyat Cina yang terkenal, difilmkan Shaw Brothers 1969, blog ini disebut Tiga Senyuman. Legenda itu menceritakan tentang seorang sarjana pria bernama Tang Bohu (diperankan Ivy Ling Po) yang terpesona oleh tiga senyuman seorang gadis bernama Qiu Xiang (diperankan Li Ching).  Ia merasa cintanya terkunci oleh tiga senyuman gadis itu. Ia berusaha menafsirkan tiga senyuman gadis itu dan mengejarnya dengan segala cara. Ketika tafsirannya ia sampaikan pada gadis tersebut, sang gadis membantah, menolak, dan menyatakan tafsiran pria itu salah.

Alhasil, perdebatan mereka menunjukkan bahwa proses komunikasi merupakan suatu peristiwa yang sarat makna dan kompleks. Mungkin sama misteriusnya dengan senyuman pada lukisan Monalisa. Karena itu, mudah-mudahan blog ini dapat membantu siapa pun untuk memahami persoalan-persoalan yang muncul dalam suatu proses komunikasi.  Minimal,  kita semua dapat tersenyum.

Hormat kami,

Jakarta, 1 September 2009

Tiga  Senyuman

Dewan redaksi dan penulis tetap: Mohammad Fauzy, Nestor Rico Tambunan, Aa Bambang A.S., Pungkut Adnan Lubis (Alm.), Arief Joko Wicaksono.

Teknisi dan SEO: Ike Kurniawan.

One Comment to “About 3 Smiles”

  1. wah ini dosen saya semua di PNJ TGP….

    banyak artikel yang berguna nih di sini bwt referensi TA, terima kasih bapak2…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: